News

button-twitter.png button-facebook.png
user.png

Oleh: Dora Nasution

Jumat, 13 November 2020 05:05

Dilihat: 93 kali

Sound Of Indonesia - Kelompok Karawitan Universitas Trisakti


Sound Of Indonesia
Sound Of Indonesia

Kelompok Karawitan Universitas Trisakti

 

(Lembaga Budaya – Pusat Seni & Budaya) Sound Of Indonesia adalah kelompok karawitan Universitas Trisakti dibawah Lembaga Budaya Universitas Trisakti, yang reborn pada November 2020. Kelompok karawitan ini sebenarnya sudah lama ada, bahkan tahun 1985 pernah tampil berkolabrasi dengan PSMUT dan Band Mahasiswa Trisakti; di Taman Ismail Marzuki.

Karawitan adalah seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog. Kesenian ini terkenal di Pulau Jawa dan Bali. Istilah karawitan berasal dari bahasa Jawa yaitu kata "rawit" yang berarti halus dan lembut. Jadi karawitan berarti kelembutan perasaan yang terkandung dalam seni gamelan.

Gamelan yang dimiliki Universitas Trisakti umurnya kira kira  50 Tahun, bersal dari Solo, terdiri dari terdiri dari gong, kenong, gambang, siter , serta beberapa alat musik pendamping lainnya. Keistimewaan alunan musik ini adalah cenderung bersuara lembut sehingga menghadirkan suasana ketenangan jiwa kita.

Instrumennya pun tidak bisa kita pisahkan dari pandangan masyarakat Jawa yang cenderung melihat keselarasan hidup baik jasmani dan rohani. Keadaan itulah yang menjadikan orang Jawa selalu menghindari ekspresi tempramental dan berusaha mewujudkan toleransi antar sesama.

Lahir kembali dengan nama  Sound Of Indonesia, perangkat gamelan tersebut memerlukan sentuhan perawatan dan pembersihan, mengganti tali, ngelaras, itulah yang dilakukan tim nya Pak Jumadi; seorang seniman karawitan Jawa Tengah, yang sudah melangang buana sampai ke Jerman. Australia, Jepang, Singapore, Malaysia, Paris, Swiss dan banyak lagi. Beliau lah yang nanti akan merawat dan juga melatih kelompok karawitan Universitas Trisakti yang bernama  Sound Of Indonesia. (cs)  

 

 

 


Tentang Lembaga Budaya

Selamat datang di website Lembaga Budaya Universitas Trisakti, yang  berfungsi sebagai layanan  pembinaan budaya bangsa ke dalam kampus (internal), dan bersifat sosial edukatif bagi Mahasiswa, Tenaga Pendidik (Dosen) dan Tenaga Kependidikan (karyawan), disamping  bersifat public service bagi masyarakat luar kampus (eksternal).

Hubungi Kami



Website: www.trisakti.ac.id