News

button-twitter.png button-facebook.png
user.png

Oleh:
Arie Gilang

Sabtu, 8 Pebruari 2020 08: 8

Dilihat: 237 kali

FOCUS GROUP DISCUSSION DOSEN-DOSEN BAHASA UNIVERSITAS TRISAKTI


Menyelaraskan Tujuan, Bahan Kajian, dan Aktivitas Belajar Mengajar Bahasa sebagai Mata Kuliah Umum Wajib umum dengan Visi dan Misi Universitas Trisakti
Undang-undang No.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan MENRISTEKDIKTI No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata kuliah umum, wajib dicantumkan pada kurikulum program pendidikan sarjana dan diploma serta Bahasa Inggris sebagai salah satu mata kuliah umum, wajib dicantumkan pada kurikulum tingkat universitas.

PERMENRISTEKDIKTI No. 50 tahun 2018 tentang beberapa Perubahan atas PERMENRISTEKDIKTI no. 44 tahun 2015. Pihak Kemenristekdikti telah mengembangkan bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa di tingkat universitas dan para dosen dapat mengaksesnya secara mudah.

Pusat Bahasa Lembaga Budaya sebagai Lembaga yang berkaitan dengan bidang kebahasaan di Universitas Trisakti berkewajiban melakukan pembinaan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris serta Bahasa Asing Lain.

Melakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bagi para dosen yaitu bertemu secara rutin untuk membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pembelajaran Bahasa dan untuk mengumpulkan informasi dari para Dosen tentang kebutuhan dan keinginan mereka berkaitan dengan proses pembelajaran Bahasa di Universitas Trisakti.

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di Universitas Trisakti terlaksana berdasarkan kurikulum yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Proses pembelajaran dilaksanakan dalam 2 s.d. 4 sks yang tersebar dari semester 1 s.d. 5.

Materi pembelajaran yang diajarkan disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap fakultas dan berdasarkan CPL-Prodi (Capaian Pembelajaran Lulusan) dalam bentuk keterampilan khusus, keterampilan umum, sikap, dan pengetahuan yang  selanjutnaya dijabarkan dalam bentuk CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah).

TUJUAN DAN KELUARAN KEGIATAN

  • Untuk merumuskan proses pembelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada fakultas-fakultas di lingkup Usakti
  • Untuk merumuskan CPMK Bhs. Indonesia dan Bhs. Inggris berdasarkan CPL dari tiap-tiap prodi.
  • Untuk menyempurnakan Bahan Kajian dari MK Bhs. Indonesia dan Bhs. Inggris dari tiap-tiap-tiap fakultas di universitas Trisakti.
  • Untuk merumuskan kegiatan kelas Bhs. Indonesia dan Bhs. Inggris dari tiap-tiap fakultas serta kegiatan kelas Bhs. Asing Lain.

     


Tentang Lembaga Budaya

Selamat datang di website Lembaga Budaya Universitas Trisakti, yang  berfungsi sebagai layanan  pembinaan budaya bangsa ke dalam kampus (internal), dan bersifat sosial edukatif bagi Mahasiswa, Tenaga Pendidik (Dosen) dan Tenaga Kependidikan (karyawan), disamping  bersifat public service bagi masyarakat luar kampus (eksternal).

Hubungi Kami



Website: www.trisakti.ac.id